SOP Perusahaan: Manfaat, Fungsi, Cara Membuat & Contohnya! - Mekari Jurnal (2023)

Sebagai pemilik perusahaan, pasti Anda sudah sering mendengar istilah SOP atau Standar Operational Procedure. Apa itu SOP? Berikut penjelasannya serta contoh SOP bagi perusahaan.

Dalam sebuah perusahaan, SOP juga dapat digunakan agar setiap karyawan, pimpinan, manajerial, hingga pimpinan perusahaan memahami arah dan tujuan yang ingin dicapai perusahaan.

Dengan begitu, seluruh SDM dalam perusahaan bisa saling membantu dan bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan bisnis.

Karena dinilai sangat penting bagi kemajuan perusahaan, di bawah ini Jurnal akan memberikan beberapa penjelasan penting mengenai SOP perusahaan yang harus Anda ketahui.

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Mekari Jurnal bisa memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal dengan klik pada tombol atau banner di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Table of Contents

1 Apa itu SOP Perusahaan?

2 Pengertian Standar Operasional Prosedur Menurut Para Ahli

2.1 a. Sailendra (2015:11)

2.2 b. Moekijat (2008)

2.3 c. Tjipto Atmoko (2011)

(Video) Jurnal Webinar – Panduan Kelola Pembukuan Bisnis Jasa

2.4 d. Insani (2010:1)

3 Apa Manfaat Pembuatan Standard Operating Procedure (SOP)?

4 Apa Fungsi Dasar SOP Perusahaan?

4.1 Rujukan pengetahuan bagi kegiatan operasional yang selalu di-update

4.2 Arsip pelacakan kegiatan operasional, penilaian, dan perbaikan

5 Cara Membuat SOP Perusahaan dengan Benar

5.2 2. Tentukan sasaran penerapan

5.3 3. Penentuan waktu dan tempat penerapan SOP

5.4 4. Mendokumentasikan jenis kegiatan operasional per divisi

5.5 5. Menyusun alur kerja, instruksi kerja, dan formulir pendukung

(Video) Memahami Audit Dengan Singkat!!! Check This Out!!!

5.7 7. Evaluasi dan perbaikan jika ada rekonstruksi atau uji coba

5.8 8. Verifikasi dari sosialisasikan kepada karyawan

5.9 9. Pemantauan dan analisis

6 Contoh SOP (Standard Operational Procedure) Perusahaan

Apa itu SOP Perusahaan?

SOP atau Standard Operating Procedure adalah kumpulan peraturan, pedoman, atau acuan yang dibuat suatu perusahaan untuk melaksanakan tugas pekerjaan sesuai dengan fungsi dan tanggung jawab masing-masing individu dalam perusahaan, serta menjadi salah satu alat penilaian kinerja bagi instansi pemerintah maupun non-pemerintah, usaha maupun non-usaha, berdasarkan indikator-indikator teknis, administratif, dan prosedural sesuai tata kerja, prosedur kerja, dan sistem kerja pada unit kerja yang bersangkutan.

Dokumen ini berkaitan dengan prosedur yang dilakukan secara kronologis untuk menyelesaikan suatu pekerjaan yang bertujuan untuk memperoleh hasil kerja yang paling efektif dari para pekerja dengan biaya yang serendah-rendahnya.

SOP juga biasanya terdiri dari manfaat, kapan dibuat atau direvisi, metode penulisan prosedur, serta dilengkapi oleh bagan flowchart di bagian akhir

Pengertian Standar Operasional Prosedur Menurut Para Ahli

a. Sailendra (2015:11)

Standar Operasional Prosedur (SOP) merupakan panduan yang digunakan untuk memastikan kegiatan operasional organisasi atau perusahaan berjalan dengan lancar.

b. Moekijat (2008)

Standar Operasional Prosedur (SOP) adalah urutan langkah-langkah (atau pelaksanaan-pelaksanaan pekerjaan), di mana pekerjaan tersebut dilakukan, bagaimana melakukannya, bilamana melakukannya, di mana melakukannya, dan siapa yang melakukannya.

c. Tjipto Atmoko (2011)

Standar Operasional Prosedur (SOP) merupakan suatu pedoman atau acuan untuk melaksanakan tugas pekerjaan sesuai dengan fungsi dan alat penilaian kinerja instansi pemerintah maupun non-pemerintah, usaha maupun non-usaha, berdasarkan indikator-indikator teknis, administratif, dan prosedural sesuai tata kerja, prosedur kerja dan sistem kerja pada unit kerja yang bersangkutan.

d. Insani (2010:1)

SOP adalah dokumen yang berisi serangkaian instruksi tertulis yang dibakukan mengenai berbagai proses penyelenggaraan administrasi perkantoran yang berisi cara melakukan pekerjaan, waktu pelaksanaan, tempat penyelenggaraan, dan aktor yang berperan dalam kegiatan.

SOP Perusahaan: Manfaat, Fungsi, Cara Membuat & Contohnya! - Mekari Jurnal (2)

(Video) Membuat Surat Penagihan atau invoice - Latihan 3

Apa Manfaat Pembuatan Standard Operating Procedure (SOP)?

Menurut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara, Permenpan No.PER/21/M-PAN/11/2008, SOP memiliki banyak manfaat bagi perusahaan dan organisasi, apa saja manfaatnya?

  1. Sebagai standarisasi cara yang dilakukan karyawan dalam menyelesaikan pekerjaan khusus, mengurangi kesalahan, dan kelalaian.
  2. Membantu karyawan menjadi lebih mandiri dan tidak tergantung pada intervensi manajemen, sehingga dapat mengurangi keterlibatan pimpinan dalam pelaksanaan proses sehari-hari.
  3. Meningkatkan akuntabilitas dengan mendokumentasikan tanggung jawab khusus dalam melaksanakan tugas.
  4. Menciptakan ukuran standar kinerja yang akan memberikan karyawan cara konkrit untuk memperbaiki kinerja, serta membantu mengevaluasi usaha yang telah dilakukan.
  5. Menciptakan bahan-bahan training yang dapat membantu pegawai baru untuk cepat melakukan tugasnya.
  6. Menunjukkan kinerja bahwa organisasi efisien telah dikelola dengan baik.
  7. Menyediakan pedoman bagi setiap karyawan di unit pelayanan dalam melaksanakan pemberian pelayanan sehari-hari.
  8. Menghindari tumpang tindih pelaksanaan tugas pemberian pelayanan.
  9. Membantu penelusuran kesalahan prosedural dalam memberikan pelayanan.
  10. Menjamin proses pelayanan tetap berjalan dalam berbagai situasi.

Apa Fungsi Dasar SOP Perusahaan?

Penggunaan SOP dalam suatu perusahaan memiliki beberapa fungsi penting yang akan memengaruhi keberhasilan aktivitas perusahaan.

Apa saja fungsi dasar pembuatan SOP?

Rujukan pengetahuan bagi kegiatan operasional yang selalu di-update

Tindakan seperti alur pemasaran dan penjualan, pengiriman barang dari gudang atau logistic, hingga pelayanan pelanggan maka semua akan tertata dengan terstruktur baik dengan merujuk pada knowledge-based.

Standard Operational Procedure sebaiknya harus selalu diperbarui jika ada alur kerja yang berubah sewaktu-waktu, sehingga ada pembaruan yang didasari oleh keputusan auditor jaminan mutu.

Arsip pelacakan kegiatan operasional, penilaian, dan perbaikan

Dengan adanya bukti, perusahaan memiliki bukti nyata bukti nyata bagi alur pekerjaan yang membutuhkan arsip, di mana biasanya SOP memiliki formulir kerja seperti contoh berita acara presentasi produk oleh para staf marketing, bukti pengiriman, berita acara kunjungan, dan lain sebagainya.

Dengan adanya, audit jaminan mutu berkala secara eksternal maupun internal sebagai bahan penilaian hingga perbaikan untuk penyempurnaan yang harus dilakukan.

SOP Perusahaan: Manfaat, Fungsi, Cara Membuat & Contohnya! - Mekari Jurnal (3)

Cara Membuat SOP Perusahaan dengan Benar

Dalam pembuatan SOP, Anda tidak bisa sembarangan.

Meski seorang pemilik perusahaan, Anda harus merumuskan SOP dengan bantuan beberapa orang yang memahami sistem kerja dari sebuah perusahaan, misalnya Anda membuat SOP untuk bagian marketing dengan mengajak manager marketing, dan sebagainya.

Anda juga bisa membuat tim khusus yang sangat kompeten agar SOP bisa dirancang sesuai dengan keadaan nyata dari perusahaan.

Di bawah ini adalah beberapa cara pembuatan SOP yang bisa dijadikan acuan perusahaan:

1. Pembentukan & pembagian tim khusus pembuatan SOP

Anda dapat mulai membuat SOP dengan pembuatan tim khusus perancangan dimana tim ini terdiri dari tenaga kompeten dari setiap divisi atau departemen perusahaan, contoh manager support, manager marketing, manager sales, dan sebagainya.

Setelah Anda membentuk tim dengan baik, Anda bisa mulai dengan memberikan beberapa tugas dan tanggung jawab kepada masing-masing untuk memetakan deskripsi pekerjaannya.

2. Tentukan sasaran penerapan

Sebelum Anda membuatnya, tentukan terlebih dulu siapa sasaran pembuatan SOP ini Apakah divisi atau departemen di perusahaan yang memang perlu menggunakan standar operasional prosedur (SOP).

Biasanya SOP ini digunakan untuk karyawan yang bekerja harus sesuai standar, misalnya di suatu restoran, SOP penting dibuat untuk memberikan kualitas yang baik.

3. Penentuan waktu dan tempat penerapan SOP

Hal penting selanjutnya yang harus Anda perhatikan dalam pembuatan SOP adalah dengan memperkirakan waktu pelaksanaannya setelah persetujuan atau verifikasi atas contoh SOP yang dibuat termasuk tempat yang cocok yakni divisi perusahaan masing-masing.

Permudah Pengelolaan Inventori dan Stok Barang dengan Jurnal. Baca Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

4. Mendokumentasikan jenis kegiatan operasional per divisi

Setelah tim memetakan alur kerja di tiap departemen yang dipegangnya, catat apa saja jenis kegiatan operasional yang selalu dilakukan. Pencatatan ini dalam bentuk detail dan penjelasan.

Misalnya, setiap karyawan harus memastikan kerapihan dan kebersihan ketika ingin menyapa pelanggan di depan restoran.

5. Menyusun alur kerja, instruksi kerja, dan formulir pendukung

Untuk mempermudah karyawan Anda dalam memahami isi, Anda bisa membuat SOP dengan menggunakan flowchart beserta penjelasannya.

Instruksi kerja ialah penjelasan detail dari alur kerja. Di mana, formulir pendukung digunakan sebagai arsip yang akan menjadi bukti nyata dari kegiatan operasional.

(Video) CARA MEMBUAT VIDEO ANIMASI DENGAN CEPAT

6. Tukar pendapat sesama tim & libatkan pelaksana SOP

Dalam pembuatan SOP, Anda bisa meminta pendapat kepada beberapa tim, ini bisa menjadi masukan yang baik.

Selain meminta pendapat tim, Anda juga bisa meminta bantuan kepada karyawan Anda yang melaksanakan hal tersebut untuk memberikan masukan dan saran ketika menemukan suatu tindakan yang dirasa kurang.

7. Evaluasi dan perbaikan jika ada rekonstruksi atau uji coba

Setelah SOP berjalan dengan baik, Anda bisa melakukan pengajuan SOP di setiap divisi untuk mengetahui keberhasilannya.

Dengan melakukan evaluasi secara rutin, Anda bisa segera melakukan pergantian SOP ketika menemukan poin yang dirasa sudah tidak relevan lagi.

Apalagi saat ini zaman menjadi cepat berubah, ini juga memengaruhi hal itu sendiri.

8. Verifikasi dari sosialisasikan kepada karyawan

Setelah proses uji coba dinyatakan tidak ada masalah di dalam pelaksanaannya, maka manajer Quality Management Representative perusahaan berhak melakukan verifikasi dan memberikan persetujuan atas SOP itu sendiri.

Kemudian, jangan lupa untuk membuat sosialisasi SOP dengan melakukan rapat yang melibatkan semua divisi untuk memastikan bahwa implementasi memang sudah sangat siap.

9. Pemantauan dan analisis

Setelah SOP berhasil diimplementasi di dalam perusahaan. Beberapa bulan setelahnya, Anda bisa melakukan pemonitoran yang harus dilakukan untuk menilai apakah ada kendala atau tidak, juga untuk melihat kriteria yang tepat, tidak efektif, dan sebagainya.

SOP Perusahaan: Manfaat, Fungsi, Cara Membuat & Contohnya! - Mekari Jurnal (4)

Contoh SOP (Standard Operational Procedure) Perusahaan

Berikut ini adalah contoh SOP perusahaan yang bisa diterapkan:

SOP PT Merah Merdeka

Tujuan

  1. Perusahaan menyediakan layanan jasa pembuatan website.
  2. Menyediakan layanan berupa optimasi website secara profesional dan tepercaya.
  3. Menyediakan layanan pembuatan aplikasi berbasis website.
  4. Memberikan solusi yang bagus dan kreatif untuk startup atau bisnis yang telah berkembang.
  5. Menyediakan layanan pembuatan faktur dan pencatatan biaya.
  6. Memberikan solusi yang efisien dan cerdas untuk pengelolaan keuangan usaha.

Prosedur Kerja

  1. Karyawan masuk dari Hari Senin Hingga Jumat.
  2. Pukul 9:00 semua karyawan sudah harus sampai di kantor.
  3. Pukul 12.00-13.00 semua karyawan diperbolehkan untuk istirahat, dan pada Hari Jumat, karyawan diperbolehkan istirahat hingga pukul 13.30.
  4. Pukul 18.00, karyawan diperbolehkan pulang, dan bagi yang pekerjaannya belum selesai diperbolehkan untuk lembur.
  5. Lembur di atas pukul 19.00 akan dibayar sesuai peraturan perusahaan

SOP Perusahaan: Manfaat, Fungsi, Cara Membuat & Contohnya! - Mekari Jurnal (5)

Selain untuk perusahaan secara umum, kita juga mengenal standar operasi prosedur untuk akuntansi.

SOP akuntansi ini bisa menjadi standar atau rujukan dalam bidang akuntansi yang meliputi kegiatan pencatatan dan pembukuan seperti pembukuan transaksi keuangan, jurnal khusus, buku besar akuntansi, neraca, hingga menjadi sebuah laporan akhir perusahaan.

Itulah beberapa hal terkait pembuatan SOP dan contoh SOP yang bisa Anda perhatikan ketika ingin membuat SOP.

Dengan membuat SOP, Anda bisa dengan mudah mengontrol aktivitas perusahaan dengan lebih mudah.

Nah, bagi Anda yang ingin membuat SOP, jangan lupa buat untuk divisi keuangan juga ya! Karena divisi ini menjadi jantungnya perusahaan.

Tanpa adanya SOP yang bagus, keuangan perusahaan Anda jadi tidak jelas dan keuangan yang perusahaan jadi tidak diketahui kemana perginya.

Anda bisa memasukkan penggunaan software akuntansi online dalam SOP perusahaan Anda.

Karena dengan software inilah, Anda dapat memastikan seluruh transaksi keuangan dan bisnis dapat tercatat dengan baik.

Jurnal merupakan salah satu software akuntansi online yang dapat membantu Anda mengelola keuangan perusahaan dengan mudah, kapan dan di mana saja.

Dengan Jurnal, Anda tidak khawatir lagi mengenai keamanan data perusahaan, karena semuanya tersimpan dengan aman di dalam sistem Jurnal. Ini terbukti dengan sertifikasi ISO 27001 yang telah dimiliki Jurnal sejak 2017 lalu.

Yuk coba gratis Jurnal sekarang!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

(Video) Membuat Aplikasi Kasir di Microsoft Excel (Part 1)

Itulah pengertian, manfaat, dan contoh dari SOP perusahaan. Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat. Ikuti media sosial Mekari Jurnaluntuk informasi lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi.

FAQs

Apa yang dimaksud dengan SOP dan contohnya? ›

Standard Operating Procedure atau Standar Operasional Prosedur adalah sekumpulan peraturan, pedoman, atau acuan yang dibuat oleh suatu perusahaan. Tujuannya untuk menjadi acuan melaksanakan proses kerja sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing sumber daya manusia yang ada di perusahaan.

Apa Itu SOP dan Manfaatnya? ›

Standar Operasional Prosedur (SOP) merupakan panduan yang digunakan untuk memastikan kegiatan operasional organisasi atau perusahaan berjalan dengan lancar.

Apa manfaat yang diperoleh perusahaan dengan adanya SOP? ›

Penerapan standar ini dapat berfungsi sebagai pedoman untuk mengantisipasi berbagai macam situasi tak terduga yang akan dihadapi oleh perusahaan, sekaligus acuan untuk melaksanakan pekerjaan. Selain itu, manfaat SOP juga dapat digunakan sebagai landasan hukum apabila terjadi penyimpangan dalam perusahaan.

Apa itu SOP di perusahaan? ›

SOP adalah singkatan dari Standard Operating Procedure. Jika dialihbahasakan ke dalam Bahasa Indonesia, yaitu prosedur operasional standar. SOP dapat didefinisikan sebagai rangkaian prosedur yang dimiliki oleh instansi atau perusahaan. Dimana hal tersebut digunakan sebagai panduan untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Apa tujuan SOP perusahaan? ›

Fungsi SOP

Secara umum, keberadaan SOP di perusahaan adalah, sebagai pedoman kerja yang harus ditaati semua pihak. SOP berguna untuk menjelaskan bagi karyawan atau pegawai yang baru bergabung dalam sebuah perusahaan, untuk mengetahui apa saja tugas dan tanggung jawabnya, serta alur pelaporan kinerja yang ia lakukan.

Apa saja jenis jenis SOP? ›

SOP Menurut Cakupan dan Kelengkapan Kegiatan

SOP menurut cakupan dan kelengkapan kegiatan dikategorikan ke dalam dua jenis, yaitu SOP Final dan SOP Parsial : SOP Final adalah SOP yang berdasarkan cakupan kegiatannya telah menghasilkan produk utama yang paling akhir atau final.

SOP dibuat berdasarkan apa? ›

Secara mudah, dalam pembuatannya, SOP perusahaan haruslah dibuat dengan berdasarkan tujuan perusahaan itu sendiri. Aturan ini akan menjadi cara untuk mewujudkan tujuan tersebut dengan cara yang efisien dan efektif.

Bagaimana peran SOP dalam kegiatan perkantoran jelaskan? ›

SOP sebagai acuan dalam pelaksanaan pekerjaan tertentu. Untuk menghindari adanya kesalahan atau kegagalan. Untuk menjelaskan alur tugas dari pekerjaan, wewenang dan tanggung jawab dari tugas terkait. Sebagai pedoman perusahaan dalam melaksanakan proses kerja dari awal hingga akhir.

Apa saja prinsip SOP? ›

PRINSIP PENYUSUNAN

Efisiensi dan efektivitas; 2. Berorientasi pada pengguna; 3. Kejelasan dan kemudahan; 4. Keselarasan; 5. Keterukuran; 6. Dinamis; 7. Kepatuhan hukum; 8. Kepastian hukum.

Jelaskan tiga langkah mudah dalam menyusun Standard Operating Procedure SOP? ›

Tahap ini terdiri dari (3) tiga langkah yaitu: Menyusun strategi dan metodologi kerja. Menyusun perencanan kerja. Menyusun pedoman perencanaan dan program kerja secara terperinci.

Siapa yang harus membuat SOP di perusahaan? ›

Biasanya job description dan Standard Operating Procedure (“SOP”) dalam sebuah perusahaan disusun oleh tim khusus yang terdiri dari tenaga-tenaga yang kompeten dari tiap divisi perusahaan, seperti marketing manager, financial manager, HRD manager, QMR (Quality Management Representative) manager, atau bahkan dengan ...

Siapakah yang mengeluarkan SOP? ›

SOP biasanya dibuat oleh pihak yang berwenang, seperti tim khusus yang mewakili setiap divisi perusahaan, HRD manajer, manajer keuangan, manajer pemasaran, Quality Management Representative (QMR), bahkan meminta bantuan jasa konsultan SOP.

Perlukah SOP dalam bekerja? ›

Adanya SOP akan lebih membuat nyaman pegawai, dalam melaksanakan pekerjaannya. Karena jika ada kesalahan dari hasil kerja padahal pegawai tersebut sudah mengikuti langkah-langkah kerja dalam SOP, maka yang perlu direfisi adalah SOPnya. Bukan langsung menghakimi pegawai yang bersangkutan.

4 langkah utama dalam pembuatan SOP? ›

Langkah SOP Perusahaan
  1. Membentuk Tim Pembuatan SOP. ...
  2. Mempelajari Proses Bisnis Perusahaan. ...
  3. Menyusun flow chart. ...
  4. 4. Review Hasil Penyusunan flow chart Setelah Alur Kerja Dibuat. ...
  5. Simulasi SOP Sebelum Menerapkan SOP Secara Langsung. ...
  6. 6. Evaluasi dan Lakukan Perbaikan Setelah Simulasi dilakukan.
10 Oct 2019

Definisi SOP dan langkah langkahnya? ›

SOP atau Standard Operating Procedure merupakan dokumen yang berisi petunjuk langkah demi langkah untuk memandu karyawan tentang cara melakukan proses teknis yang berulang dalam suatu organisasi. Dokumen ini juga bisa disebut dengan buku pedoman teknis tentang cara menyelesaikan tugas.

Tuliskan langkah langkah yang dapat digunakan untuk membuat SOP sesuai dengan anjuran? ›

Langkah Pembuatan SOP
  1. Membuat Susunan Kerja. Sebagai perusahaan baru, Anda bisa membuat seperti apa susunan kerja yang ideal dan sesuai dengan visi misi perusahaan Anda. ...
  2. Merencanakan Alur Proses. ...
  3. Lakukan Focus Group Discussion (FGD) ...
  4. 4. Tulis, Bahas & Sosialisasikan. ...
  5. Adakan Pelatihan. ...
  6. 6. Evaluasi.
12 Apr 2021

Bagaimana prinsip penyusunan SOP yang harus diperhatikan menurut Permenpan No 35 Tahun 2012? ›

Jelaskan prinsip sop berdasarkan permenpan no 35 tahun 2012

Prosedur yang distandarkan harus dapat mudah dimengerti oleh semua aparatur dalam menjalankan tugasnya. b) Efisiensi dan Evektifitas. Prosedur yang distandarkan harus efisien dan efektif dalam pelaksanaan tugasnya. c) Keselarasan.

› blog › standard-operating-procedure ›

A standard operating procedure is a document providing explicit directions for completing a certain task. Here, we talk about why SOPs are important, and how to...
Document your business with standard operating procedures to scale up and systematize your business. Learn about SOPs and how to develop them with templates.
Let's start with the basics. What does SOP stand for and what does SOP mean? It's the acronym for a standard operating procedure. It's an instructio...

Jelaskan 3 langkah dalam menyusun SOP? ›

Tahap ini terdiri dari (3) tiga langkah yaitu: Menyusun strategi dan metodologi kerja. Menyusun perencanan kerja. Menyusun pedoman perencanaan dan program kerja secara terperinci.

SOP yang baik itu seperti apa? ›

Berikut kriteria Standard Operating Procedure (SOP) yang baik, yaitu: Specific (khusus) Complete (lengkap) Understandable (mudah dipahami)

Apa saja yang harus ada dalam SOP? ›

Komponen Penting dalam Pembuatan Standar Operasional Prosedur
  1. Tujuan. Tujuan menjadi hal utama yang harus diperhatikan, karena ibarat sebuah kendaraan yang berjalan tanpa arah, begitulah yang akan terjadi jika pembuatan SOP tanpa disertai definisi yang jelas. ...
  2. 2. Cakupan. ...
  3. 3. Akuntabilitas. ...
  4. Prosedur.
12 Apr 2021

SOP dibuat siapa? ›

SOP biasanya dibuat oleh pihak yang berwenang, seperti tim khusus yang mewakili setiap divisi perusahaan, HRD manajer, manajer keuangan, manajer pemasaran, Quality Management Representative (QMR), bahkan meminta bantuan jasa konsultan SOP.

4 langkah utama dalam pembuatan SOP? ›

Langkah SOP Perusahaan
  1. Membentuk Tim Pembuatan SOP. ...
  2. Mempelajari Proses Bisnis Perusahaan. ...
  3. Menyusun flow chart. ...
  4. 4. Review Hasil Penyusunan flow chart Setelah Alur Kerja Dibuat. ...
  5. Simulasi SOP Sebelum Menerapkan SOP Secara Langsung. ...
  6. 6. Evaluasi dan Lakukan Perbaikan Setelah Simulasi dilakukan.
10 Oct 2019

7 Apa prinsip yang harus dipenuhi dalam membuat SOP kantor? ›

Menurut Peraturan Menteri PAN RB PER/21/M.PAN/11/2008, penyusunan SOP harus memenuhi prinsip-prinsip sebagai berikut:
  • Kemudahan dan kejelasan. ...
  • Efisiensi dan efektivitas. ...
  • Keselarasan. ...
  • Keterukuran. ...
  • Dinamis. ...
  • Berorientasi pada pengguna. ...
  • Kepatuhan hukum. ...
  • Kepastian hukum.
10 Oct 2021

Definisi SOP dan langkah langkahnya? ›

SOP atau Standard Operating Procedure merupakan dokumen yang berisi petunjuk langkah demi langkah untuk memandu karyawan tentang cara melakukan proses teknis yang berulang dalam suatu organisasi. Dokumen ini juga bisa disebut dengan buku pedoman teknis tentang cara menyelesaikan tugas.

Kapan SOP harus disusun? ›

Kapan SOP disusun? SOP harus sudah ada sebelum suatu pekerjaan dilakukan. SOP digunakan utk menilai apakah pekerjaan tsb sudah dilakukan dgn baik atau tidak. Uji SOP sebelum dijalankan, lakukan revisi setelah 1-2 bulan trial.

Apakah SOP harus tertulis? ›

Standar Operasional Prosedur (SOP) biasanya berbentuk secara tertulis dan berisi mengenai apa yang harus dilakukan karyawan, kapan, dimana dan oleh siapa tugas tersebut dikerjakan untuk menghindari terjadinya kesalahan dalam pelaksanaan kegiatan pegawai yang dapat mengganggu kinerja pegawai lain.

Videos

1. JURNAL UMUM, BUKU BESAR, NERACA SALDO, JURNAL PENYESUAIAN, KERTAS KERJA DAN LAPORAN KEUANGAN
(dewi noor sani)
2. Cara Membuat Slide Isi Presentasi PowerPoint yang Cantik Menawan
(Pakar Tutorial)
3. Cara Membuat Struktur Organisasi
(Pusat Cara Cara)
4. Cara Review Jurnal Yang Baik dan Benar
(Kandi _nrt2)
5. Mari Buktikan Apakah Bisa Membuat Latar Belakang Skripsi dalam Waktu 5 Menit?
(Buiramira Official)
6. Cara Menggunakan E Meterai | Membeli dan Membubuhkan Materai Elektronik
(Indra Munawar)
Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Jerrold Considine

Last Updated: 12/31/2022

Views: 6205

Rating: 4.8 / 5 (58 voted)

Reviews: 89% of readers found this page helpful

Author information

Name: Jerrold Considine

Birthday: 1993-11-03

Address: Suite 447 3463 Marybelle Circles, New Marlin, AL 20765

Phone: +5816749283868

Job: Sales Executive

Hobby: Air sports, Sand art, Electronics, LARPing, Baseball, Book restoration, Puzzles

Introduction: My name is Jerrold Considine, I am a combative, cheerful, encouraging, happy, enthusiastic, funny, kind person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.